Khasiat dan Manfaat Buah Cermai

Khasait dan Manfaat Buah Cermai
Ilustrasi Buah Cermai
Khasiat Buah Cermai - Jika kemaren kita udah membahas tentang manfaat dan khasiat dari tumbuhan alami untuk kesehatan kita yakni seperti Manfaat Bengkoang kali ini saya akan memberikan informasi tentang buah yang rasanya masam tapi memiliki segudang khasiat untuk kesehatan tubuh kita yakni buah cermai, ya buah yang memiliki nama latin Phyllanthus acidusini memiliki pohon yang kecil yaitu hanya memiliki ketinggian hanya sampai 9 m, pohon ini bercabang rendah dan rendang, karena itulah pohon cermai ini sering ditanam untuk peneduh atau penghias halaman rumah dan jika anda melihat pohon cermai sepintas,pohon cermai sangat mirip dengan pohon belimbing wuluh karena itulah banyak orang yang sering keliru saat membedakan antara pohon cermai dan pohon belimbing wuluh.

Saat saya masih kecil bisa dibilang setiap rumah pasti memiliki pohon cermai tetapi untuk sekarang ini pohon cermai sangat sulit untuk ditemui, mungkin jika didaerah pedesaan anda bisa menemukan banyak pohon cemai ini. Disamping itu jika anda ingin membeli buah cermai anda akan sedikit kesulitan hal itu karena tidak ada orang yang menjual buah cermai, baik itu dipasar ataupun di swalayan. Kalau kita menginginkannya tinggal minta saja sama orang yang punya pohon cermai, Pasti dengan senang hati mereka akan memberikannya. Sebenarnya buah cermai ini memiliki rasa yagn masam sehingga banyak yagn tidak ingin memakannya.Tapi jangan salah dibalik rasa asam itu ternyata memiliki kandungan vitamin yang sangat banyak.

Nilai Kandungan Gizi Cermai 100 gram
  • 28 kkal 
  • energi
  • 91,7 g air
  • 0,7 g protein
  • 6,4 g karbohidrat 
  • 0,6 g serat kasar 
  • kalsium 5 mg 
  • 23 mg fosfor 
  • 0,4 mg besi
  • 0,01 mg thiamin 
  • riboflavin 0,05 mg 
  • dan 8 mg vitamin C
Ternyata banyak sekali ya kandungan gizi dibuah cermai ini. dan tak hanya itu tak hanya buah cermai saja yang bisa bermanfaat untuk kesehatan tubub kita tetapi semua yang berbau cermai hehe. misalnya seperti akar cermai dan daunnya. bahkan daunya  lebih banyak manfaatnya dari pada buahnya hal itu dikarenakan daun cermai mengandung banyak air, karbohidrat, saponin, flvonoida, tanin, polifenol, lemak, protein dan serat. Sedangkan Buahnya hanya mengandung serat dan vitamin C.

Kasiat Buah Cermai Untuk Kesehatan

  • Buah cerami sangat bermanfaat untuk melawan kanker serta menurunkan resiko penyakit kanker, mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas, memperbaiki suasana hati, menurunkan resiko serangan jantung, mengontrol tekanan darah, ,mencegah diabetes, katarak serta troke. hal itu karena buah cermai memiliki kandungan Vitamin C yang cukup banyak.

  • Kandungan ribloflavin atau vitamin B2 bermanfaat untuk membantu pertumbuhan jaringan tubuh seperti kulit, mata, ,e,bran mukosa, sistem saraf sehingga terhindar dari penyakit Alzheimer, epilepsy, kecemasan dan mati rasa, mempercepat penyembuhan luka, membantu menyerap vitamin dan mineral, melindungi saluran pencernaan serta meningkatkan imunitas alami tubuh dan memperkuat antibodi.

  • Kandungan zat saponin dalam daun buah cermai dapat bermanfaat untuk mengusir kolesterol dalam usus yang terserap dalam aliran darah, sehingga akan terhindar dari penyakit kolesterol dan tubuh tetap langsing. Selain itu zat ini berfungsi sebagai antiseptik bagi tubuh.

  • Kandungan thiamin atau B1 yang ada pada buah cermai bermanfaat untuk membantu fungsi dari kardiovaskular. Thiamin memiliki peran penting dalam produksi acetylcholine, yang menyalurkan pesan ke saraf dan otak sehingga denyut jantung menjadi lebih teratur. Selain itu thiamin juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak, meningkatkan konsentrasimelindungi serta meningkatkan fungsi saraf, meningkatkan produksi sel darah merah, meningkatkan selera makan, melindungi membran mukosa dan menurunkan resiko penuaan dini.
Gimana temen-temen sekarang udah pada tau kan khasiat buah cermai untuk kesehatan kita, jadi mulai sekarang kalau disuruh makan buah cermai jangan pernah nolak lagi ya. dan semoga para pembaca Manfaat Aneka Daun Alami bisa bertambah pengetahuanya setelah membaca artikel kali ini dan terima kasih ya untuk anda.
Title : Khasiat dan Manfaat Buah Cermai
Description : Ilustrasi Buah Cermai Khasiat Buah Cermai - Jika kemaren kita udah membahas tentang manfaat dan khasiat dari tumbuhan alami untuk kese...

0 Response to "Khasiat dan Manfaat Buah Cermai "

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.